Yakin Sudah Pernah ke Sini? Berikut Ulasan Lengkap, Rute, & Harga Tiket Masuk Curug Panjang Megamendung Puncak

curug panjang megamendung puncak

Tak banyak orang tau, daerah wisata Puncak memiliki sejumlah tempat wisata yang jarang diketahui orang banyak. Umumnya para wisatawan lokal maupun luar hanya mengunjungi tempat-tempat yang dianggap populer saja, seperti Taman Safari Indonesia, Taman Wisata Matahari, Taman Bunga, Cimory, dan Curug 7 Cilember. Bahkan, sebagian orang mungkin menganggap wana wisata air terjun satu-satunya yang ada di Cisarua Puncak hanyalah Curug Cilember. Jika Anda salah satu yang menganggap demikian, sebaiknya Anda jalan-jalan lagi ke Puncak dan ikuti terus perkembangan blog ini. Hehehe.

curug panjang megamendung puncak

Curug Panjang Megamendung

Curug Panjang terletak di area pegunungan yang membentang sepanjang Megamendung Puncak. Dari arah Gadog menuju Puncak, masuk melalui simpang pertigaan Megamendung (Masjid Megamendung) atau lebih detailnya Anda bisa gunakan Google Maps untuk mencarinya. Jalanan menuju lokasi curug sudah diaspal dan dapat dilalui kendaraan roda dua atau pun roda empat. Ketika menuju kesana Anda akan menemui banyak tanjakan dan hanya sedikit lembah. Ada beberapa simpangan jalan ketika sudah memasuki jalan masuk ke Megamendung. Jangan sampai salah memilih simpangan dan tetap fokus di jalur utama. Sampai di puncak pertama Anda akan menjumpai Pusdiksi Polisi, ambil jalur kanan dan lanjutkan terus perjalanan sampai bertemu Bank Mega Training Center. Dari titik tersebut, ambil kanan jalan dan lanjutkan sampai Pos 1 Curug Panjang.

curug panjang megamendung puncak

Pos 1 : Loket Pembayaran Tiket

 

curug panjang megamendung puncak

Petunjuk Arah Menuju Curug

 

curug panjang megamendung puncak

Jembatan di atas Curug Panjang

 

Dalam satu aliran mata air yang sama, setidaknya ada 3 air terjun yang resmi dikomersilkan oleh Perum Perhutani. Ketiga curug atau air terjun tersebut yakni Curug Panjang, Curug Naga, dan Curug Barong. Ketiganya memang tidak lebih ramai dari Curug Cilember yang memang sudah cukup terkenal. Dan di artikel ini, saya akan fokuskan ulasan pada Curug Panjang terlebih dahulu.

curug panjang megamendung puncak

Tampak dari Atas

 

curug panjang megamendung puncak

Berfose Mengabadikan Kenangan

 

curug panjang megamendung puncak

Tampak dari Bawah

 

curug panjang megamendung puncak

Beristirahat di bebatuan besar

Berapa Harga Tiket Masuk Curug Panjang, Parkir, Body Rafting, dan Camping Ground?

 

curug panjang megamendung puncak

Seorang pengunjung menunjukan tiket masuk

 

Tak perlu merogoh koceh banyak untuk berwisata di sini. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 12.000,- saja (November 2018) per-orangnya. Untuk rincian harga lainnya bisa lihat pada tabel di bawah ini :

Item Harga (Rp)
Tiket Masuk 12.000
Parkir 3.000
Rompi Pelampung Dewasa 15.000
Rompi Pelampung Anak 10.000
Paket Body Rafting di 3 Curug (Curug Panjang, Naga, & Barong) 150.000
Paket Camping (include tiket, tenda per 6 orang) 450.000

Selain tiket dan akomodasi yang murah, jajanan di sana juga relatif murah. Ada beberapa warung di sekitar curug dan banyak pedagang pikulan yang menjual sate, bakso, cuanki, gorengan, bakso goreng, dan aneka minuman hangat dan dingin. Hanya Rp.10.000,- saja untuk menikmati bakso atau Cuanki, air mineral dan kopi rata-rata Rp.5.000,- dan gorengan mulai dari Rp. 1000,-. Di area wisata seperti ini, cukup murah kan?

curug panjang megamendung puncak

Tampak beberapa pedagang

 

curug panjang megamendung puncak

Sewa Rompi Pelampung Rp 15.000,-

Tips Wisata ke Curug Panjang Megamendung Puncak

 

curug panjang megamendung puncak

Curug relatif tidak terlalu ramai di hari libur

 

Nah, setelah menyimak pemaparan di atas, Anda tentu sudah memiliki gambaran akan apa yang harus disiapkan jika ingin pergi berwisata ke Curug Panjang. Masalah dana yang harus disiapkan, persiapan dan perlengkapan yang mesti dibawa dan hal lain sebagainya. Berikut sedikit tips saja yang akan kami sajikan supaya rencana liburan Anda semakin sukses dan menyenangkan.

  1. Pastikan bensin sudah tersisi penuh untuk pulang-pergi. Jika persediaan bensin tipis sebaiknya isi dulu sebelum memasuki perjalanan masuk ke Megamendung yang penuh dengan tanjakan. Dari arah Jakarta, Anda bisa mampir di pom bensin Cibogo atau Cipayung, sedangkan dari Arah Puncak, pom bensin sebelum Megamendung ada 1 km setelah pasar Cisarua.
  2. Bawa makanan berat (nasi dan lauknya) jika diperlukan. Di area Curug Panjang tidak ada restoran atau warung makan yang menyediakan makanan besar. Hanya bakso, cuanki, mie rebus, dan aneka jajanan ringan saja.
  3. Gunakan sepatu atau sandal gunung atau minimal jangan menggunakan sepatu dan sandal yang licin. Dari Pos 1 loket pembayaran tiket, Anda harus berjalanan kaki cukup jauh. Kondisi jalanan bebatuan dan tanah, licin jika cuaca hujan atau sehabis hujan.
  4. Bawa case anti air untuk menyimpan handphone agar bisa tetap selfie-an walaupun sedang bermain air.
  5. Pakai motor sangat direkomendasikan. Mobil bisa, tapi sebaiknya jangan menggunakan mobil-mobil tipe besar. Beberapa bagian jalan ukurannya hanya dapat dilalui satu mobil. Kalau papasan dengan mobil lain dari arah berlainan agak repot. sedangkan banyak posisi jalan yang berada dipinggir jurang.
  6. Bawa kamera dan handphone Anda. Pastikan baterai sudah tersisi penuh atau bawa powerbank untuk cadangan.
  7. Banyak berdo'a dan berdzikir akan keindahan alam yang akan Anda saksikan di sana.

Sekian ulasan dari kami. Semoga rencana liburan Anda menyenangkan ya! 🙂

Tags: #air terjun #curug #wisata puncak

Leave a reply "Yakin Sudah Pernah ke Sini? Berikut Ulasan Lengkap, Rute, & Harga Tiket Masuk Curug Panjang Megamendung Puncak"

Author: 
    author