Terjebak Macet, Ini Jalur Alternatif Puncak yang Dapat Kamu Tempuh

191 views

jalur alternatif puncak

Macet di Jalur Puncak adalah hal biasa di setiap akhir pekan dan hari-hari libur spesial lainnya. Bahkan terkadang hari biasa pun kita harus rela 'menua' di jalur wisata ini. Bosan, bete, capek, kesel, dan keluh kesah lainnya sontak menghampiri. Ujian kesabaran sepertinya sedang diuji. Hiks...!

Ada ragam tips yang sebetulnya dapat memperingan ujian kita tatkala menghadapi kemacetan di jalan Puncak. Selain snack dan minuman yang harus tersedia di kendaraan Anda, handphone pun harus dipastikan baterainya terisi penuh sebelum jalan. Bawa powerbank sebagai alternatif solusi apabila tidak menemukan tempat nge-charge handphone gratisan. Selain itu, tips yang cukup efektif untuk membunuh kebosanan tersebut adalah menjajaki jalur alternatif yang berada di sekitar jalan raya Puncak. Ada beberapa jalur alternatif populer yang aman dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Jalur Alternatif Jonggol-Cipanas (Taman Bunga)
  2. Jalur Alternatif Ciawi-Cisarua (via Bendungan / Jalan Pertanian)
  3. Jalur Alternatif Sentul-Gadog (Pasir Angin)
  4. Jalur Alternatif trek-trek pendek di sepanjang jalan puncak

Mari kita simak satu per satu.

Jalur Alternatif Puncak Cipanas via Cibubur, Cileungsi, lalu Jonggol

Jalur ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang hendak menuju Jakarta ke Cipanas/Cianjur/Bandung dan tidak ingin melewati jalan raya Puncak. Jika Anda berasal dari Jakarta, rute yang ditempuh sebagai berikut:

  • Dari tol Jagorawi keluar pintu tol Cibubur masuk ke Jalan Transyogi hingga Cileungsi
  • Dari perempatan pasar Cileungsi (fly over Cileungsi) terus lurus ke arah Jonggol (jangan belok, lurus saja)
  • Ikuti trek sepanjang Jalan Jonggol hingga Cipanas (Taman Bunga)

Jika Anda berasal dari Cipanas bisa mulai masuk ke Taman Bunga dan ikuti kebalikan dari trek di atas.

Menurut penlaian kami, jalur ini kurang begitu direkomendasikan mengingat jarak yang jauh lebih panjang dan kurangnya penerangan di beberapa titik. Kurang ramai terkadang membuat perjalanan cukup mengerikan, terlebih jika perjalanan dilakukan di malam hari.

 

Jalur Alternatif Puncak dari Ciawi menuju Cisarua (Kopo / Pasar Cisarua / Citeko / Taman Safari) via Bendungan / Jalan Pertanian

Jalur alternatif ini merupakan jalur populer yang biasa ditempuh orang-orang yang terjebak macet pada saat hendak memasuki jalan raya Puncak. Jalur ini sebaiknya digunakan sebelum malam hari dan pastikan cc kendaraan Anda cukup bertenaga untuk melewati tanjakan yang cukup menantang.

Berikut adalah rute yang dapat ditempuh :

  • Dari pintu keluar tol Ciawi, pastikan Anda mengambil jalur lurus menuju Ciawi (pasar), jangan mengambil jalur kiri (Gadog, Puncak).
  • Dari perempatan Pasar Ciawi (lampu merah), ambil jalan ke kiri menuju Cisarua Puncak.
  • Pastikan Anda melewati Rumah Sakit Ciawi. Lurus terus jika Anda mendapati pertigaan Seuseupan, hingga menemukan pertigaan yang kedua, yakni pertigaan Bendungan. Ambil kanan atau masuk ke Jalan Pertanian. Ikuti jalur utama sampai bertemu pertigaan Jalan Cikopo Selatan. Belok kanan ke arah Pasir Muncang.
  • Ikuti terus sepanjang jalur tersebut. Anda akan mendapati tanjakan maupun turunan yang cukup curam dan jalanan yang berkelok-kelok.
  • Sesampainya di Kampung Cidokom, Anda dapat memilih alternatif pilihan sesuai tujuan Anda, yakni Jalan Lembah Nyiur (Kopo) bagi Anda yang hendak menuju Cipayung atau Cisarua Bawah (Cimory, The Ranch, Taman Wisata Matahari, Curug Cilember); Jalan Pasar Cisarua jika Anda hendak menuju Hotel Safari Garden, Curug Cilember, dll.; Jalan Taman Safari via Citeko bagi Anda yang hendak menuju Taman Safari. Di persimpangan tersebut biasanya ada Pak Ogah yang siap memberikan informasi tujuan perjalan Anda.

 

Jalur Alternatif Puncak dari Sentul menuju Gadog Jembatan

Jalur alternatif ini juga cukup populer di kalangan biker / pemotor. Alasan menggunakan jalur ini biasanya karena kebosanan akan jalur Bogor Kota dan di jalur ini bisa melewati spot-spot pemandangan yang cukup memesona. Seperti halnya pemandangan di Bukit Pelangi. Berikut adalah rutenya :

  • Dari arah Jalan Raya Bogor-Jakarta, di pertigaan lampu merah Pakansari-Sentul, Anda dapat mengambil jalur ke kiri menuju Sirkuit Sentul.
  • Setelah bertemu pertigaan Sirkuit Sentul (tak jauh dari pintu tol Sentul), ambil jalan ke kanan ke arah Babakan Madang / Sentul City.
  • Pastikan Anda melewati Babakan Madang menuju Bukit Pelangi / Gunung Geulis. Masuk melewati pos perumahan.
  • Ikuti jalan hingga melewati Pasir Angin, lalu keluar di pertigaan jembatan Gadog.
  • Ambil jalur menuju Puncak sampai ke tujuan Anda.

Di Sentul Anda akan menemukan beberapa pilihan jalan yang membingungkan. Jangan sungkan bertanya daripada harus ambil risiko nyasar kemana-mana.

Nah, untuk jalur-jalur alternatif pendek yang berada di sekitar jalur Puncak, belum kami rekomendasikan karena hanya memotong sedikit jalan namun Anda harus rela menempuh jalur yang lebih panjang dan lebih sempit. Namun, jika Anda membutuhkan info tersebut, Anda bisa tanya kami langsung dengan menuliskannya di kolom komentar pada artikel ini. Jangan sungkan untuk bertanya ya!

Leave a reply "Terjebak Macet, Ini Jalur Alternatif Puncak yang Dapat Kamu Tempuh"

Author: 
    author