Akurat & Lengkap: Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Hari ini (Terbaru 2018)

222766 views

Bagi siapapun yang hendak berwisata atau bepergian melalui jalur Puncak, Bogor, wajib mengetahui jadwal buka tutup jalur Puncak di akhir pekan ataupun pada saat liburan / tanggal merah. Hal ini penting agar Anda tidak terjebak kemacetan yang justru akan membuat suasana liburan Anda jadi membosankan.

Kemacetan di jalur Gadog Puncak saat satu arah ke atas -- Kredit foto: Sindonews

 

Setidaknya ada waktu-waktu dimana kita harus bersiap menghadapi buka tutup jalur Puncak, seperti:

  • Sabtu-Minggu sepanjang tahun
  • Tanggal merah
  • Libur lebaran / musim mudik
  • Natal dan tahun baru

Buka tutup untuk hari Sabtu-Minggu (weekend) terbaru di tahun 2017 ini jadwalnya adalah sebagai berikut:

  • Pukul 09.00 - 11.30 WIB satu arah ke atas (arah Puncak), artinya kendaraan yang berada di sekitar Puncak yang hendak menuju arah Ciawi, Bogor, Jakarta ditutup. Ini adalah waktu yang tepat bagi rekan-rekan yang ingin berwisata ke Puncak. Setidaknya pukul 08.00 WIB sudah berada di Tol Gadog / Ciawi, mengingat di pintu masuk ke jalur Puncak ini biasanya padat akibat antrian yang cukup padat dan adanya penyempitan jalan selepas lampu merah Gadog.
  • Pukul 14.30 - 18.00 WIB satu arah ke bawah (arah Bogor / Jakarta), artinya kendaraan yang hendak menuju arah Puncak ditutup di pintu tol keluar Gadog. Ini adalah waktu yang tepat bagi rekan-rekan yang berada di sekitar Puncak dan hendak menuju pulang ke arah Bogor / Jakarta. Saran kami, sebaiknya Anda mulai keluar ketika satu arah sudah diberlakukan, sekitar pukul 14.30 WIB. Hal ini untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan panjang yang biasanya terjadi sebelum satu arah diberlakukan.

 

Buka tutup jalur Puncak pada hari libur (tanggal merah) selain Sabtu-Minggu:

  • Tanggal merah selain hari Minggu, hari raya idul fitri, natal, dan tahun baru biasanya diberlakukan satu arah seperti ketentuan satu arah pada hari Sabtu-Minggu.
  • Kemacetan cukup parah biasanya terjadi apabila tanggal merah tersebut membuat hari kejepit nasional di penghujung weekend. Ketentuan satu arah biasanya tetap berlaku seperti hari Sabtu-Minggu. Namun, ada kemungkinan satu arah yang tidak teratur disesuaikan dengan kondisi di lapangan apabila kepadatan kendaraan melebihi volum perkiraan.

Buka tutup jalur Puncak pada musim mudik atau liburan lebaran:

  • Pada H min lebaran, biasanya antrian kendaraan mulai padat sekitar H-2 dan puncaknya H-1 (malam takbiran). Pada H min tersebut biasanya jarang diberlakukan ketentuan satu arah.
  • Hari H lebaran juga jarang diberlakukan ketentuan satu arah. Kemacetan biasanya terjadi sekitar pukul 11 ke atas dimana banyak orang-orang yang pergi berlibur bersama keluarga setelah halal bihalal.
  • H plus satu mulai terjadi kepadatan. Proses buka tutup biasanya tentatif dan tidak pasti jadwalnya disesuaikan dengan kondisi dan situasi. Namun, standar buka tutup jalur Puncak di musim libur lebaran ini juga sering diberlakukan sesuai ketentuan buka tutup pada hari Sabtu-Minggu.

 

Buka tutup jalur Puncak pada hariΒ Natal dan tahun baru:

  • Kepadatan biasanya terjadi H-1 sebelum natal. Pada tanggal 25 Desember Puncak biasanya padat dan ketentuan satu arah berlaku seperti hari Sabtu-Minggu. Namun, sering kali terjadi buka tutup sebagian yang jadwalnya tidak bisa ditentukan tergantung kondisi di lapangan.
  • Tanggal 26 hingga menjelang H-1 tahun baru padat. Ketentuan buka tutup biasanya tidak pasti disesuaikan dengan kondisi lapangan.
  • H-1 tahun baru mulai pukul 06.00 (pagi) kendaraan yang hendak menuju arah Puncak ditutup. Anda yang mau merayakan tahun baru di Puncak bisa berangkat maksimal H-2 sebelum tahun baru. Jika tidak, terpaksa harus memilih jalur alternatif, namun sangat tidak disarankan menggunakan jalur alternatif di malam hari mengingat minimnya lampu penerangan jalan dan cukup ekstrimnya tanjakan/turunan dengan tepi sisian jurang. Ngeri!
  • Hari H (tanggal 1 di tahun baru) mulai pagi pukul 06.00 WIB biasanya berlaku satu arah ke arah Bogor / Jakarta. Kendaraan berasal dari Bogor / Jakarta akan tertahan di pintu tol Jagorawi dan lampu merah Gadog, Ciawi. Kendaraan yang berada di jalur Puncak dan hendak pulang ke arah Bogor / Ciawi bisa leluasa meluncur ke bawah.

Tags: #info puncak

  1. author

    Naila Fikri5 months ago

    Untuk tgl 20 juni 2018, menuju ke jakarta sebaiknya jam berapa dari arah puncak

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Pagi sebelum jam 7.30, atau sore sekitar jam 3 setelah one way diberlakukan. Hindari di siang hari, 11 s.d. 15.00 wib, biasanya macet sangat.

      Reply
    • author

      Elsie4 months ago

      Arah ke puncak dari jakarta buka jam berapa ya?? Nunggu dari jam 12 sd 15 masih di KM46

      Reply
      • author
        Author

        rianosuke4 months ago

        Ya kalo naik jam segini jalur sudah ditutup gan, biasanya dibuka paling cepat jam 5 atau normalnya sekitar jam 6 sore.

        Reply
  2. author

    Berry binu5 months ago

    Mohon infomya pak…arah puncak menuju jakarta kpn mulai diberlakukan satu arah?
    Sy sdh di riung gunung sr jam 10 pagi…

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Biasanya mulai jam 15.00 WIB, bisa lebih cepat atau lebih lambat, tergantung sikon.

      Reply
    • author

      Erna5 months ago

      Minggu 1 juli di buka nya jam berapa

      Reply
  3. author

    Edi Saputra5 months ago

    Hari ini jalur turun puncak jam berapa

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Di weekend dan moment liburan hampir pasti tutup jalur/jadwal turun Puncak (satu arah ke Jakarta) mulai pkl 15.00 wib atau tidak jauh dari jam segitu.

      Reply
  4. author

    Yenny5 months ago

    Untuk hari ini tgl 27 juni 2018 jalur turun puncak macet, apakah ada penututupan jalur?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      One way system biasanya diberlakukan Sabtu, Minggu, tanggal merah, dan hari libur yang memang sudah ditentukan jauh-jauh hari. Untuk tanggal 27 ini sepertinya Polantas tidak memberlakukan buka tutup jalur, karena (menurut Admin) libur nasionalnya dadakan dan tidak diprediksi bakal semacet hari ini.

      Admin jg kena macet parah, hampir 3 jam dari Cisarua-Pintu tol Gadog, padahal kalau lancar kurang dari setengah jam. Yang Pilkada daerah Jabar, tapi DKI Jakarta kan tidak, makanya banyak warga DKI yg memanfaatkan libur ini untuk liburan ke Puncak & walhasil macetnya cukup parah.

      Reply
  5. author

    Resti5 months ago

    Maaf ka mau tanya.
    Tgl 01 Juli 2018 ini.
    Jalur arah cianjur dari bogor.
    Buka tutup jam brp ajah ya?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      dibaca lagi mba artikelnya, jawabannya ada di situ, hehehe…

      Reply
      • author

        Resti5 months ago

        itu tertulis nya 2017 . Bukan 18

        Reply
  6. author

    Diana5 months ago

    Min, kalo hari sabtu malam jalur naik ke arah cipanas (dr jkt) dibuka jam brp ya?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Jam 6-7 malam biasanya udah dibuka, cuma biasanya masih macet, karena volume kendaraan yg naik masih tinggi. Di atas jam 11-12 malam (biasanya) mulai lancar plong.

      Reply
  7. author

    Denisha5 months ago

    Hari ini dari arah bogor menuju puncak buka jam berapa ya?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Hari ini no one way, sis πŸ˜€

      Reply
  8. author

    josaphat lucky andre5 months ago

    hari sabtu ini one way jalur turun dari cipanas mulai jam berapa bro ?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Siap2 aja sekitar jam 2 atau jam 3 sore.

      Reply
  9. author

    Eka5 months ago

    Hari ini dari jakarta menuju ciawi di tutup jam berapa ?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      One way cuma sampai pintu tol Gadog. Ciawi tidak kena one way, yg kena sepanjang jalur Puncak dari Gadog (Ciawi ke atas) sampai Cipanas Cianjur.

      Reply
  10. author

    Andi setiawan5 months ago

    Besok minggu 1 juli 2018 mulai buka tutup jam berapa min ?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Dibaca dulu om artikelnya πŸ˜€

      Reply
  11. author

    MamaJ5 months ago

    Min, kalo hari ini dr bogor kota jam 1 siang mau naik ke puncak kira2 keburu naik ga ya? Ato harus lebih pagi lagi?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Kalo jam 1 siang baiknya lewat jalur alternatif aja, jalanan normal macet banget pastinya.

      Reply
  12. author

    Lina5 months ago

    1 Juli 2018 : jalur naik k puncak belum dibuka aja. Padahal sudah jam 20.00. Bagaimana ini??????????????????????????????

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Wow.. luar biasa.. Admin kurang tau ada something apa hari ini, padahal bukan hari besar ya, mudiknya juga udah lewat..

      Reply
  13. author

    Sepriyadi5 months ago

    Min hari ini saya berada di tol Ciawi menuju puncak kira2 dibuka jam brapa ya

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Admin kurang tau, hari ini sungguh tidak normal πŸ˜€

      Mungkin bisa tanyakan langsung ke Polantas Bogor-Cianjur via Twitter TMC Polri.

      Reply
  14. author

    Tris5 months ago

    Maap mau tanya. Kan berlaku buka tutup untuh hari libr dan hari besar saja ya. Kalau hari2 kerja apa diberlakukan juga? Terima kasih.

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Hari biasa (weekday) tidak diberlakukan one-way/buka tutup, kecuali jika ada kejadian tertentu, misal Presiden lewat mau ke Istana Cipanas πŸ˜€

      Reply
  15. author

    bayu5 months ago

    Mas kalau saya mau ada di kota BOGOR jam 1 siang di hari sabtu , saya harus turun jam berapa yah dari arah taman safari cisarua . Planning sih buat tgl 4 Agustus 2018

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Kalau diberlakukan one-way satu arah ke atas, paling jam 11 atau 11.30 baru bisa turun, dan biasanya agak macet. Perjalanan Cisarua ke Kota Bogor normalnya 45-60 menit. Saran saya baiknya ambil jalur alternatif saja, tembusan ke Ciawi, nggak gambling. Dari Ciawi masuk tol Gadog atau tol Ciawi.

      Reply
  16. author

    zia5 months ago

    Klo hari sabtu dari ciputat mau ke taman safari, sebaiknya berangkat jam brp min?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Lebih pagi lebih bagus, sebelum jam 7 masih lancar jaya biasanya, jam 7 ke atas mulai ngantri di pintu keluar tol Gadog/Ciawi. Biasanya mulai diberlakukan satu arah ke atas jam 8 atau 9-an, cuma antri di Gadognya tetep lumayan.

      Reply
  17. author

    Marqi5 months ago

    Min maaf mau nanya sy dr bandung mau ke tmn safari tgl 7 juli 2018 bagusnya sy nyampe puncak jam brp biar sy dan keluarga tidak kena jalur satu arah?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Kalo dr arah Bandung/cianjur mau ke taman safari kayaknya lancar gan, dgn catatan pagi hari, kalau siang mulai jam 3 satu arah ke bawah/jakarta, agan gak bisa pulang, terpaksa malam setelah jalur dibuka 2 arah.

      Kalo ke sana usahakan jam 8 udah sampe pintu masuk, biar puas sampe sore, karena wisata ke sana gak cukup cm 1 hari, hehehe..

      Reply
  18. author

    nita5 months ago

    siang, utk besok tgl 8 juli 2018 jadwal buka tutup puncak jam brp ya..saya rencana ke puncak villa rani jam 9 dr jakarta, kira2 bisa ga ya?dan langsung balik mungkin ga sampe jakarta lg jam 6 sore

    terimakasih

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Dr sana jam 9 mungkin sampe gadog jam 10, pas satu arah ke atas. Just info, hari ini walaupun udah satu arah ke atas tapi antrian kendaraan yg ada di tol macet sangat. Selalu cek google maps untuk liat sikon.

      Info hari ini, jam 1 sdh diberlakukan satu arah ke arah jakarta, jd jgn siang2 kalau mau naik ke puncak.

      Reply
  19. author

    Diah5 months ago

    Hai, kalo arah kepuncak jam berapa ya baru buka lagi? Terimakasih

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Maaf kemarin belum sempet balas, karena admin bukan robot yg selalu online mantengin + jawab komen di blog ini, hehehe..

      Btw, Sabtu kemarin one-way system gak seperti biasanya (seperti artikel di atas). One-way ke arah Puncak berlangsung dari pagi sampai jam 1 siang, setelah itu langsung one-way ke arah Jakarta sampai jam 5 sore.

      Reply
  20. author

    Raihan5 months ago

    Pak admin
    Kalo tgl 9 hari senin apa masih diberlakukan buka tutup ?
    Thx

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke5 months ago

      Weekday biasanya gak diberlakukan one-way. Puncak setelah lebaran kemarin macetnya gak cuma di weekend atau hari libur saja, hari biasa pun sering macet walau gak separah hari libur. Titik kemacetan: Simpang Gadog, Megamendung (Masjid), dan Pasar Cisarua.

      Reply
  21. author

    ramdan5 months ago

    Jam 19.30
    Masih ditutup ke arah puncak dari ciawi
    Kapan kira2 dibukanya ya min

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 months ago

      Maaf baru buka. Berkunjung ke Puncak memang harus banyak sabar, apalagi kami penduduk di sini, yg mau berangkat kerja ataupun ada keperluan untuk ke luar Puncak sering terkendala rekayasa lalu lintas. Kendaraan yg berkunjung ke Puncak lebih diprioritaskan daripada kami-kami ini. Ya ada sisi baik dan nggaknya memang. *curhatbo… πŸ˜€

      Reply
  22. author

    Aidaaftri5 months ago

    Ka kalau ke pincak skrng bukanya jemberapa ka??saya sdh nunggu 1 jam ga buka2

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 months ago

      Maaf baru buka. Pertanyaannya sudah expired ya, gak bisa dijawab lg πŸ˜€

      Reply
  23. author

    Har Avivi4 months ago

    Bgmn utk hari ini tgl 14 Juli 2018 ?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 months ago

      Mohon maaf saya lagi gak di Puncak, gak bisa mantau keadaan, hehehe… Mungkin sobat Puncak yg berkunjung ke blog ini dan tau info dari Polantas atau dari siapapun bisa share/bantu jawab πŸ™‚

      Reply
  24. author

    Andis4 months ago

    Bgmn untukbmlm ini menuju puncak macet tdk

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 months ago

      Mohon maaf sedang tidak di Puncak πŸ™‚

      Reply
  25. author

    Alga4 months ago

    Kalau hari biasa apakah afa buka tutup jalur?

    Reply
  26. author

    mulyanto4 months ago

    JUMAT PAGI TGL 21 JULI 2018 SAYA DARI CIANJUR MAU KETAMAN SAFARI BISA LANGSUNG APA KENA BUKA TUTUP JALUR

    Reply
  27. author

    Ev4 months ago

    Hari ini dari jakarta arah ke puncak jam berapa yah tutup?

    Reply
  28. author

    Ahp4 months ago

    Ada info buat tgl 28 juli untuk turun ke jakarta gan?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 months ago

      Dibaca aja gan artikelnya, itu hasil pengamatan sy selama tinggal di Puncak. Tp itu bukan patokan pasti karena terkadang jadwal bisa aja berubah.

      Reply
  29. author

    Iwn4 months ago

    Mohon info hari sabtu ini..mobil 3/4 apa bisa melalui jalur cipanas..dr jakarta ke cipanas..buka tutup tolong infonya jg

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 months ago

      Setau saya yang gak boleh lewat jalur Puncak di Sabtu-Minggu itu Bis penumpang ukuran besar dan truk2 niaga ukuran besar. Kalau untuk bis-bis wisata, termasuk mobil/bis 3/4 itu boleh2 aja. Yg gak boleh itu lewat jalur alternatif karena medannya cukup curam untuk kendaraan seperti itu.

      Reply
  30. author

    Rini wardani4 months ago

    Hari ini minggu jam brp dari cipanas ke bogor min

    Reply
  31. author

    budi prihandana4 months ago

    Kira kira sampe jam berapa mohon infonya tutup buka dari arah cianjur menuju bogor

    Reply
  32. author

    Yurnadi3 months ago

    Mohon info..untuk besok pagi jam 8 sudah bisa otw puncak mas admin…

    Reply
  33. author

    Hari supriyanto3 months ago

    Info dong tuk tgl 9sep jalur buka tutup ke arah jkt skitar jam brpaan ya

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke3 months ago

      Dibaca artikelnya om, tgl 9 berarti hari minggu, infonya ada di artikel πŸ™‚

      Reply
  34. author

    julius2 months ago

    kalo hari biasa ga ada buka tutup kn?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke2 months ago

      Gak ada Gan, jarang sekali. Sekali pun macet, hari biasa sering tidak disatu-arahkan.

      Reply
  35. author

    dharma2 months ago

    mohon info untuk arah puncak dr bogor untuk saat ini masih dibuka ? sampai pukul berapa? trimaksih

    Reply
  36. author

    Cresti4 weeks ago

    Hari ini tanggal 27 oktober jam 8 pagi masih bisa ke arah jakarta atau sudah d tutup ya… Makasih infonya…

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke4 weeks ago

      Maaf gan, sy lagi gak di Puncak. Jam 8 masih bisa biasanya, cuma mepet ya. Kalo pas di jalan ternyata satu arah ke atas, sebaiknya gunakan jalur alternatif saja via Jalan Taman Safari/Citeko/Pasar Cisarua tembusan Bendungan Ciawi.

      Reply
  37. author

    Junaidi3 weeks ago

    gan nanya dong gan, jumat hitungannya week end atau hari biasa gan?

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke3 weeks ago

      Hari biasa gan. Biasanya sore sampai malamnya (malam Sabtu) kendaraan mulai padat. Hari jum’at tidak diberlakukan one way.

      Reply
  38. author

    FaridA3 weeks ago

    Sabtu pagi Saya dari Jakarta mau ke Cipanas dengan kendaraan roda empat, kalau pagi sebaiknya jam berapa ya Om n Tan. Hatur Nuhun

    Reply
    • author
      Author

      rianosuke3 weeks ago

      Sebelum jam 7 bagusnya udah keluar gerbang tol Ciawi. Biasanya jalur Gadog sampai Cipanas masih lancar. Di atas jam 7 udah mulai padat. Jam 8 ke atas padat, tapi gak lama biasanya diberlakukan satu arah ke arah Puncak, hanya antrian di Gadog/Ciawinya cukup padat karena ada penyempitan jalan di simpang Gadog/Vimala Hills.

      Reply

Leave a reply "Akurat & Lengkap: Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Hari ini (Terbaru 2018)"

Author: 
    author